Tips Aman Berbelanja Online

Tips Aman Berbelanja Online

            Di zaman yang modern saat ini kita sudah banyak difasilitasi oleh peralatan elektronik. Mulai dari handphone, laptop, pc,dll. Dalam penggunaan sehari-hari, selain untuk kebutuhan berkomunikasi, ada hal yang mungkin menarik minat anda dan anda ingin untuk mencoba melakukannya tapi anda masih ragu ragu untuk melakukannya, yaitu berbelanja Online. Ya, memang kita sangat banyak melihat iklan terpasang dimana-mana baik dimedia sosial seperti twitter, instagram,BBM, media elektronik, ataupun dari blog yang kita baca. Hal yang cukup menarik minat anda untuk berbelanja online salah satunya karena tidak tersedianya barang tersebut dikawasan anda, ataupun anda kesulitan mencari barang tersebut seperti sepatu dengan brand tertentu, jam dengan merek dan model tertentu ,dll. Disini saya akan memberikan beberapa tips bagi anda yang pertama kalinya ingin berbelanja online
1. Cek websitenya
Dari penampilan website nya, saya biasanya mengecek apakah website itu dirawat atau diupdate secara berkala. Jika web seperti tampak tak diurus, harga produk yang tertera beda dengan yang dijual, maka Anda perlu lebih waspada lagi. Dari websitenya anda bisa melihat apakah toko online tersebut masih aktif dan kredibel.

2. Kontak yang bisa dihubungi

            Cari dan hubungi kontak yang tersedia oleh toko online tersebut. Biasanya jika toko tersebut terpercaya ia memiliki beberapa kontak di media sosial seperti No hp, Line, BBM, Whatsapp, e-mail. Untuk menghindari kesan sebagai penjual gadungan, saya membiasakan untuk selalu membalas setiap pertanyaan yang masuk sesegera mungkin. Entah itu via email, BBM, Line, SMS bahkan via telepon. Ketika anda sudah berkontak dengan penjual, dari media sosial seperti BBM, Line, anda bisa memantau penjual apakah ia memang penjual kredibel. Saya biasanya bisa menilai dari ia membuat status ataupun mengganti profil picture dengan paket yang sudah dibungkus yang akan dikirim, ataupun testimoni penjual. Dengan melihat hal tersebut saya menjadi lebih yakin bahwa ia memang penjual yang terpercaya

3. Hubungi penjual

Dari percakapan tanya jawab antara Anda dengan penjual, bisa disimpulkan apakah si penjual memang penjual yang kredibel. Kalau ditanya siang jawabnya besok pagi, keabsahan penjual patut dipertanyakan. Tapi sebelum Anda memvonisnya, cek dulu apa ada keterangan jam kerja di website nya.

4. Tes, tanyakan seputar produk

            Tanyakan seputar produk yang ingin anda beli, tanyakan kualitas barang yang dijualnya, dan terbuat dari mana. Tanyakan kualitasnya Original atau KW kah. Jika penjual itu memang ahli dan seorang yang jujur dia akan menjawab dengan jujur disertai bukti berupa foto ataupun kotak barang tersebut.

5. Tanyakan seputar Penjual

            Ketika anda sudah meras pas dengan barang yang akan anda beli. Anda harus menanyakan seputar penjual tersebut seperti lokasi penjual, nama daerah penjual, jika perlu anda bisa menanyakan kepada teman anda yang sekitar kota tersebut tentang lokasi tersebut memang benar ada atau tidak.

6. Mintalah Testimoni pembeli sebelumnya

            Saya sebagai calon pembeli biasanya selalu meminta testimoni dari pembeli sebelumnya. Testimoni adalah bukti bahwa barang pembeli sebelum anda sampai dan sesuai dengan kualitasnya. Testimni biasanya juga dilengkapi dengan foto barangnya yang sudah sampai .

7. Tanyakan dikirim menggunakan Ekspedisi apa

            saya biasanya selalu menanyakan ekspedisi apa yang akan mengirim barang yang akan dibeli, dan jenis layanan apa yang ada diekspedisi tersebut dan berapa lama waktu pengiriman. Tujuannya agar jelas dan kita bisa memperkirakan barang tersebut kapan sampai ditangan kita.

8. Tanyakan di forum atau pada teman Anda

Biasanya jika toko ini memang kredibel, maka penjual akan direkomendasikan pada teman-temannya yang lain. Jika perlu, tanyakan pada forum.
Pembeli yang puas akan kembali lagi, tapi tidak sendirian, melainkan bersama teman-teman dan kerabatnya 

9. Rekening pribadi atau badan usaha?

Pembayaran biasanya lebih banyak menggunakan metode transfer antar bank seperti BCA, BNI dan Mandiri. Jika rekening tersebut menggunakan rekening pribadi, Anda harus waspada. Jika rekening yang digunakan menggunakan nama badan usaha, misal PT.YYY atau CV.YYY, maka sudah pasti lebih terjamin. Jika rekening pribadi anda harus memastikan bahwa rekening tersebut a.nama toko ataupun orang penjual tersebut.
10. Konfirmasikan pengiriman
            Setelah anda mentransfer, sesegera mungkin anda mengkonfirmasikannya dan sertakan foto bukti pembayarannnya. Jika penjual mengatakan uang sudah masuk, lalu anda tanyakan kapan barang anda masuk ke ekspedisi.
11. Minta No Resi Pengiriman
            Jika waktu pengiriman sudah lewat segera tanyakan pengiriman barang anda dan mintalah no Resi pengiriman, yang diberikan oleh agen ekspedisi menandakan bahwa barang anda sudah masuk ke pengiriman.


   

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan Kayu sebagai Bahan Konstruksi

MENGHILANGKAN GARIS TITIK TITIK PADA MICROSOFT OFFICE WORD 2013

GAMBAR SIMBOL SIMBOL BAHAN BANGUNAN