POLEMIK KEHADIRAN OJEK ONLINE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP JUMLAH PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN DI DKI JAKARTA

MAKALAH
ILMU SOSIAL DASAR






POLEMIK KEHADIRAN OJEK ONLINE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP JUMLAH PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN DI DKI JAKARTA


Disusun Oleh :

IRVAN TAUFIK ARIFIANTO (13315464)
KELAS : 1TA03
FAKULTAS : TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
DOSEN : EMILIANSHAH BANOWO


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-NYA yang senantiasa memberikan kemudahan dalam meyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tidak luput bantuan dari beberapa pihak juga yaitu saya berterimakasih kepada orang tua yang selalu mendoakan dan memberikan dukungan, kepada dosen saya Bapak Emilianshah Banowo selaku dosen “Ilmu Sosial Dasar” yang telah memberikan motivasi dan kesempatan kepada saya untuk mengerjakan makalah ini. Adapun makalah ini berdasarkan berbagai sumber yang berkaitan dengan tema dan judul makalah ini yaitu “POLEMIK KEHADIRAN OJEK ONLINE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP JUMLAH PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN DI DKI JAKARTA”. Harapan kami,makalah dapat memberi tuntunan konsep yang praktis bagi mereka, baik praktisi maupun teman-teman mahasiswa dalam memahami tentang vektor,  kami menyadari ini maupun cara penyampaian makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami siap mengembangkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari para pembaca. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua.



Depok, 9 Januari 2016

            Penulis

           

DAFTAR ISI
Kata Pengantar                                                                                                                                 i
Daftar Isi                                                                                                                                          ii
BAB I PENDAHULUAN                                                                                                               1
1.1     Latar Belakang                                                                                                                          1
1.2     Rumusan masalah                                                                                                                      2
1.3     Tujuan                                                                                                                                        2
1.4     Metode penelitian                                                                                                                      2
BAB II PEMBAHASAN                                                                                                                3
2.1 Perkembangan Ojek Online di Indonesia                                                                                   3
2.2 Tanggapan Pemerintah Terhadap Kehadiran Ojek Online                                                         7
2.3 Dampak Ojek Online Terhadap Pengangguran dan Kemiskinan                                               9
BAB III PENUTUP                                                                                                                       11
3.1 Kesimpulan                                                                                                                               11
3.2 Saran                                                                                                                                         11
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                                    12


BAB I
PENDAHULUAN

1.1             Latar Belakang
Kebutuhan akan moda transportasi umum di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun khususnya di kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya. Kebutuhan akan sarana umum menjadi hal yang sangat diutamakan karena berupaya untuk mengurangi kemacetan yang melanda daerah ibukota negeri ini. Sudah banyak sekali media transportasi umum di kawasan DKI Jakarta baik Transjakarta, metromini, kopaja, angkutan kota, taxi , ojek, dll.
Kemiskinan dan Pengangguran merupakan masalah utama penyebab terhambatnya pertumbuhan ekonomi didalam suatu negara. Kemiskinan dan pengangguran bisa disebabkan oleh minimnya lapangan kerja yang tersedia dan kurangnya kemampuan yang dimiliki oleh sumber daya manusia (SDM) itu sendiri. Salah satu upaya mengurangi angka pengangguran yaitu dengan dibukanya lapangan kerja yang luas seperti membuka sebuah perusahaan padat karya. Salah satu perusahaan yang membuka lapangan yang besar yaitu ojek online.
Di awal tahun 2015 lalu kita dihebohkan dengan hadirnya ojek online, dimana pemesanannya dengan memanfaatkan teknologi yaitu dapat dilakukan melalui aplikasi yang tersedia di App Playstore, ios. Pada awalnya kehadiran ojek online ini mendapat tanggapan yang biasa saja dari masyarakat. Namun seiring berjalannya waktu serta dengan hadirnya berbagai promo unik dari pihak ojek online, kini ojek online pun mulai mendapatkan hati masyarakat dan menjadi salah satu alternatif transportasi cukup populer bagi masyarakat ibukota. Dengan semakin meningkatnya permintaan pelanggan terhadap ojek online ini, membuat penyedia jasa membuka lapangan kerja sebanyak 2000 pengendara, dan penerimaan driver ini semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Tercatat hingga kini terdapat 200.000 pengendara ojek online. Hal ini tentu membuka peluang bagi para pengangguran untuk bekerja. Langkah perekrutan secara besar ini juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan lain yang juga bergerak di sektor ojek online. Sebuah langkah positif bagi bangsa ini untuk mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan.  

1.2 Rumusan Masalah
A. Bagaimana perkembangan ojek online di Indonesia? 
B. Apa tanggapan Pemerintah terhadap kehadiran ojek online?
C. Bagaimana dampak ojek online terhadap pengangguran dan kemiskinan ?

1.3 Tujuan
            Makalah ini dibuat dengan tujuan agar para pembaca tahu tentang pengaruh ojek online terhadap jumlah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia.

1.4 Metode Penulisan
            Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini dengan membaca dari beberapa artikel dan dari beberapa media yang dapat membantu melihat pengaruh kehadiran ojek online terhadap jumlah pengangguran dan kemiskinan di DKI Jakarta




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Perkembangan Ojek Online di Indonesia
Di akhir tahun 2014, hampir tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan bila layanan ojek online akan menjadi sesuatu yang besar tahun ini. Bisnis transportasi on-demand memang sudah mulai dikenal, salah satunya karena kontroversi kehadiran Uber di Indonesia. Namun istilah ojek online saat itu belum begitu dikenal. Walau GrabTaxi telah mengujicoba layanan GrabBike di Vietnam pada bulan Oktober 2014, tidak ada indikasi ketika itu kalau mereka akan meluncurkannya di Indonesia.
Setahun berselang, berkat kehadiran aplikasi GO-JEK pada bulan Januari dan layanan GrabBike empat bulan kemudian, ojek online langsung menjadi salah satu bisnis startup yang paling populer di Indonesia. Persaingan dua startup tersebut kemudian memicu munculnya startup-startup lain yang juga bergerak di bisnis yang sama, seperti Blu-JekTopJek, LadyJek, dan Jeger Taksi. Bagaimana sebenarnya layanan ojek onlineberubah dari layanan yang tidak dikenal menjadi sebuah layanan yang sangat populer sepanjang tahun ini?
Semua berkat kehadiran Uber dan GrabTaxi
Walaupun baru berhasil meraih popularitas pada tahun ini, GO-JEK, yang merupakan pelopor layanan ojek online di Indonesia, sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 2010. Pada tanggal 13 Oktober 2015 yang lalu, mereka merayakan ulang tahun yang kelima, maka artinya GO-JEK sudah mulai beroperasi sejak tanggal 13 Oktober 2010. Nadiem Makarim, CEO GO-JEK,menceritakan kepada Tech in Asia kalau ia memulai perusahannya dengan sebuah call center dan 20 pengemudi ojek. Sejak saat itu, GO-JEK terus beroperasi tanpa pertumbuhan yang signifikan. Baru sekitar pertengahan 2014, mulai ada investor yang berminat untuk berinvestasi di GO-JEK. Diakui Nadiem, para investor mulai menyatakan minatnya setelah melihat masuknya Uber dan GrabTaxi ke pasar Indonesia. Pada saat itu, sebenarnya sudah ada penyedia layanan ojek online, yaituWheel Line dan HandyMantis—yang saat ini sudah tidak beroperasi. Namun GO-JEK berhasil memikat perhatian investor, NSI Ventures.
Peruntungan GO-JEK mulai berubah sejak meluncurkan aplikasi mobile untuk perangkat Android dan iOS di awal Januari 2015. Mereka pun menjadi satu-satunya layanan ojek online yang mempunyai aplikasi. Nama GO-JEK semakin dikenal ketika muncul berita kalau pengemudi mereka bisa mendapat penghasilan mencapai Rp13 Juta per bulan. Saat itu, GO-JEK mengklaim telah mempunyai 800 orang pengemudi. GO-JEK baru mendapat pesaing yang sepadan pada bulan Mei 2015, ketika GrabTaxi meluncurkan layanan GrabBike di Indonesia. Dana besar yang dimiliki oleh GrabTaxi menjadikan layanan baru ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Seluruh pengguna aplikasi GrabTaxi bisa langsung memesan GrabBike tanpa harus mengunduh aplikasi baru.
Sayangnya, kehadiran GrabBike terkesan terlambat. Saat itu GO-JEK sudah memperluas layanan di kota Bali dan Bandung dengan total pengemudi yang mencapai 3.000 orang. Tak hanya itu, GO-JEK pun telah menyediakan layanan GO-FOOD dan Shopping (sekarang bernama GO-MART), yang hingga saat ini belum diikuti oleh GrabBike.
Tarif promo yang begitu menggiurkan
GO-JEK dan GrabBike mendapat perhatian yang besar dari masyarakat dan media di Indonesia ketika mulai memberlakukan tarif promo di bulan Juni 2015, dalam rangka menyambut bulan Ramadan. GO-JEK menetapkan tarif flat sebesar Rp10.000, sedangkan GrabBike, yang punya sokongan dana lebih besar, memberlakukan tarif lebih murah, Rp5.000. Walau sebelumnya hanya direncanakan untuk menyambut Ramadan, sambutan positif masyarakat akhirnya membuat GO-JEK dan GrabBike terus memperpanjang tarif promo tersebut.
Demi melayani permintaan tinggi dari masyarakat yang ingin memanfaatkan tarif promo, GO-JEK dan GrabBike pun membuka perekrutan pengemudi besar-besaran, awal bulan Agustus 2015. Uniknya, kedua startup ini melakukannya dalam waktu yang hampir bersamaan dan di tempat yang berdekatan, yaitu di sekitar Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Ribuan orang ikut mendaftar saat itu. Mereka berharap bisa mendapat penghasilan besar seperti pengemudi ojek online lain yang sudah bergabung terlebih dahulu.
Sejak Agustus 2015 hingga kini, GO-JEK telah menaikkan tarif promonya menjadi Rp15.000. Bahkan Nadiem pun memastikan kalau tarif GO-JEK akan terus naik, hingga nantinya pengguna harus membayar sesuai dengan tarif per kilometer. Langkah ini pun diikuti oleh GrabBike. Namun, sejauh ini, kenaikan tarif tersebut tidak serta merta membuat para pengguna meninggalkan kedua layanan ojek online tersebut.
Tarif promo yang diberlakukan GO-JEK dan GrabBike juga menjadi semacam penghalang perkembangan startup-startup baru di bisnis ojekonline. Nama-nama seperti LadyJek, Topjek, Blu-Jek, dan Ojek Syari tentu tidak bisa ikut memberlakukan tarif promo jika mereka tidak mendapatkan investasi dalam jumlah yang besar. Akhirnya, mereka pun jadi kurang diminati karena tarifnya yang cenderung tinggi. HandyMantis, layanan ojek online yang telah berdiri sejak tahun 2012, merasakan hambatan yang sama. Mereka memutuskan untuk menutup layanan mereka pada bulan September 2015 lewat pengumuman di halaman Facebook-nya.
Konflik dengan ojek pangkalan
Jumlah pengemudi yang kian banyak, serta tarif promo yang memanjakan penumpang, membuat layanan ojek online kian diminati dari waktu ke waktu. Sayangnya, hal ini mengakibatkan berkurangnya pemasukan tukang ojek konvensional yang biasa disebut ojek pangkalan. Beberapa tukang ojek pangkalan pun mulai menolak kehadiran ojek online di beberapa tempat. Untungnya, seiring dengan perjalanan waktu, konflik tersebut kian lama mulai mereda. Ancaman pihak kepolisian yang akan menindak ojek pangkalan apabila mereka melakukan kekerasan terhadap ojek online, menjadi salah satu penyebabnya.
GO-JEK yang kian kaya layanan dibanding pesaingnya
Kesuksesan GO-JEK menjadi yang terdepan di bisnis ojek online tidak hanya disebabkan karena status mereka sebagai yang pertama mempunyai aplikasi mobile. Kecepatan GO-JEK merilis fitur-fitur baru membuat mereka mampu memecahkan banyak masalah yang dihadapi masyarakat urban. Hingga saat ini, selain layanan pengantaran orang, GO-JEK juga sudah mempunyai layanan pengantaran makanan (GO-FOOD), kurir (GO-SEND), pengantaran belanja (GO-MART), pengantaran barang berukuran besar (GO-BOX)pembersih rumah (GO-CLEAN), pijat (GO-MASSAGE), kecantikan (GO-GLAM), dan pendeteksi lokasi Busway (GO-BUSWAY). Tahun depan, mereka dikabarkan akan segera meluncurkan layanan pemesanan montir dan pembelian tiket secara online.

Keragaman fitur ini bisa dibilang sulit disaingi oleh layanan ojek onlinelainnya. GrabBike, yang merupakan pesaing terdekat GO-JEK, baru bisa meluncurkan layanan kurir yang diberi nama GrabExpress.

2.2 Tanggapan Pemerintah Terhadap Kehadiran Ojek Online
Pemerintah Masih Pertimbangkan Payung Hukum Ojek Online
Juni 2015, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih mempertimbangkan apakah akan memberikan payung hukum terhadap angkutan sepeda motor atau ojek yang tersambung dengan aplikasi dalam jaringan atau online. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Djoko Sasono mengatakan, pihaknya masih mengamati perkembangan fenomena tersebut di lapangan. Kajian diperlukan, lanjut Sasono, lantaran ojek online ini bersinggungan dengan dua model bisnis. Pertamanya, status ojek dengan sistem online tersebut karena inti bisnisnya merupakan bisnis aplikasi, tetapi sudah mengambil ranah transportasi di bawah Kementerian Perhubungan.
Terpisah, Pengamat Transportasi Universitas Atma Jaya, Djoko Setijowarno menilai, ojek tidak termasuk ke dalam angkutan umum dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Menurutnya, sepeda motor tersebut bukan untuk angkutan perkotaan di jalan-jalan utama. Selain itu, menurut Setijowarno, angkutan umum wajib melakukan pengujian kendaraan bermotor atau uji kir karena terkait keselamatan untuk mengangkut orang. Sementara untuk sepeda motor tidak melalui uji tersebut. Hal ini ditambah dengan substansi dari Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan. Pasal 10 Ayat (4) PP Angkutan Jalan menyebutkan bahwa, persyaratan teknis untuk sepeda motor meliputi, muatan memiliki lebar tidak melebihi stang kemudi, tinggi muatan tidak melebihi 900 milimeter dari atas tempat duduk pengemudi dan barang muatan ditempatkan di belakang pengemudi.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan larang ojek dan taksi online beroperasi

Kementerian Perhubungan melarang ojek maupun taksi yang berbasis daring (online) beroperasi karena dinilai tidak memenuhi ketentuan sebagai angkutan umum. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Djoko Sasono dalam konferensi pers mengatakan pelarangan beroperasi tersebut tertuang dalam Surat Pemberitahuan Nomor UM.3012/1/21/Phb/2015 yang ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, tertanggal 9 November 2015.
Djoko mengatakan surat tersebut juga ditujukan untuk Korps Lalu Lintas Polri, para kapolda dan gubernur di seluruh Indonesia. Dia menjelaskan pengoperasian ojek dan uber taksi tidak memenuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan. Dimana ketentuan angkutan umum adalah harus minimal beroda tiga, berbadan hukum dan memiliki izin penyelenggaraan angkutan umum. Djoko mengaku pihaknya tidak masalah dengan bisnis start-up (pemula) namun menjadi bermasalah apabila menggunakan angkutan pribadi untuk angkutan umum yang tidak berizin dan tidak memenuhi ketentuan hukum.

Sempat larang, Menhub kembali izinkan ojek online operasi sementara


Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan ojek maupun taksi berbasis aplikasi online masih diperbolehkan beroperasi sementara waktu. Sebab, transportasi publik sejauh ini belum memadai. Sejatinya sesuai isi undang-undang nomor 22 tahun 2002 tentang lalu lintas jalan, kendaraan roda dua tidak termasuk kedalam transportasi umum. Tetapi seiring dengan Transportasi umum belum bisa melayani kebutuhan masyarakat terutama Jabodetabek, Oleh karena itu, beliau mengeluarkan perintah untuk memakai fasilitas tersebut hingga transportasi publik sudah layak. Solusi kedua yaitu  pemerintah akan ubah undang-undang. Sehingga solusinya sementara waktu transportasi berbasis aplikasi tetap diizinkan beroperasi.
Hal ini tidak terlepas dari sikap Presiden Joko Widodo yang langsung memanggil menteri perhubungan untuk membicarakan permasalahan ojek online ini bersama CEO Go-Jek, Nadiem Makarim. Presiden berpendapat bahwa Ojek online hadir karena kebutuhan masyarakat dan masyarakat merasa belum puas dengan transportasi publik yang ada saat ini. Presiden juga berkata bahwa jangan karena aturan rakyat menjadi susah, seharusnya ojek online harus ditata bukan dilarang. Presiden juga melihat bahwa salah satu keuntungan dari adanya ojek online yaitu daya serap tenaga kerjanya yang besar, mampu mengurangi sebagian pengangguran. 

2.3 Dampak Ojek Online Terhadap Pengangguran dan Kemiskinan
Terbukanya lapangan kerja dari sektor informal, dinilai mampu menurunkan angka kemiskinan di DKI Jakarta. Berdasarkan data yang dimiliki Badan Pusat Statistik (BPS) DKI, angka kemiskinan di DKI menurun sekitar 0,16 persen. Perbandingannya adalah pada September 2014 lalu angkanya mencapai 412.790 orang, namun pada Maret 2015 turun menjadi 398.920 orang.
Kepala BPS DKI, Nyoto widodo mengatakan, walau persentasenya masih terbilang sedikit, namun saat ini angka kemiskinan di DKI cenderung menurun. Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya penurunan ini. Antara lain adalah, terbukanya lapangan kerja secara luas dari sektor informal. Seperti bertumbuhnya ojek sepeda motor berbasis aplikasi online. Kemudian banyaknya penjualan kuliner di berbagai lapisan masyarakat dan sebagainya. Penurunan angka kemiskinan ini lebih karena terbukanya lapangan kerja. Sayangnya ini hanya terbuka di sektor informal. Seharusnya pada sektor formal digenjot juga sehingga angka kemiskinan akan menurun lebih tajam.
Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku senang mengetahui angka kemiskinan di Jakarta pada tahun ini mengalami penurunan sebesar 0,16 persen dibandingkan tahun lalu. Menurut dia, salah satu faktor yang menyebabkan turunnya angka kemiskinan di Jakarta, yaitu semakin banyaknya warga yang berprofesi sebagai tukang ojek berbasis aplikasi ponsel pintar (smartphone). Tapi menurutnys, itu bukan faktor satu-satunya. Lebih lanjut, dia mengungkapkan banyak hal yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk menurunkan angka kemiskinan. Salah satunya, yakni dengan melakukan relokasi warga yang ada di bantaran kali ke rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Melalui relokasi, warga memiliki kehidupan yang lebih baik dan mendapatkan hunian yang manusiawi. Disertai juga dengan menggelar kegiatan bursa lowongan kerja (jobfair) kepada para pencari kerja.









BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
            Dengan kehadiran ojek online berbasis aplikasi di Indonesia menghadirkan berbagai macam polemik dan pandangan dari setiap orang. Tapi menurut hasil penelitian yang dilakukan BPS, terlihat bahwa hadirnya ojek berbasis aplikasi ini menjadi salah satu faktor penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di DKI Jakarta, hal ini tidak terlepas dari dibukanya lapangan kerja yang banyak untuk para driver ojek. Sangat banyak penduduk yang pengangguran kini bekerja sebagai ojek online karena melihat keuntungan yang diraih menjadi driver ojek online. Meskipun mendapat kecaman baik dari pemerintah ataupun dari ojek konvensional, namun secara perlahan keberadaan ojek online ini kini mendapatkan perhatian dimasyarakat. Cukup banyak masyarakat yang beralih ke ojek online disebabkan cara pemesanannya yang mudah dan tentunya lebih menghemat waktu.

3.2 Saran
            Dengan hadirnya ojek online mampu menjadi salah satu faktor penurunan angka kemiskinan di DKI Jakarta saat ini. Namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga harus mencetak lapangan kerja yang besar disektor formal agar masyarakat memiliki penghasilan yang cukup sehingga angka kemiskinan juga nantinya berkurang secara perlahan. Selain itu, dukungan juga harus diberikan kepada pelaku usaha kecil menengah baik berupa dana ataupun lokasi penjualan agar kreatifitas yang dimiliki oleh masyarakat tidak terbuang secara sia-sia.


Daftar Pustaka










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan Kayu sebagai Bahan Konstruksi

MENGHILANGKAN GARIS TITIK TITIK PADA MICROSOFT OFFICE WORD 2013

GAMBAR SIMBOL SIMBOL BAHAN BANGUNAN