PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU GPS (REVISI)

BAB 1
PENDAHULUAN


1.1         LATAR BELAKANG
Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang sangat dibutuhkan dalam sistem transportasi yang berfungsi untuk menghubungkan suatu tempat ke tempat lain. Kondisi jalan yang baik diperlukan untuk kelancaran kegiatan transportasi yaitu mempercepat kelancaran mobilisasi barang atau jasa secara aman dan nyaman.            
Jalan sebagai bagian sistem transportasi nasional mempunyai peranan penting terutama dalam mendukung bidang ekonomi, sosial dan budaya serta lingkungan dan dikembangkan melalui pendekatan pengembangan wilayah agar tercapai keseimbangan dan pemerataan pembangunan antar daerah, membentuk dan memperkukuh kesatuan nasional, serta membentuk struktur ruang dalam rangka mewujudkan sasaran pembangunan nasional (UU No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan).
Perencanaan geometrik jalan merupakan tahapan awal dalam pembuatan jalan pada suatu wilayah tertentu. Pekerjaan pengukuran merupakan salah satu bagian penting dari tahapan perencanaan geometrik jalan dimana pekerjaan ini membutuhkan waktu yang relatif lama. Akibatnya pekerjaan perencanaan geometrik memerlukan waktu yang lama pula dikarenakan harus menunggu selesainya tahap pengukuran terlebih dahulu. Pengukuran pada satu ruas jalan umumnya membutuhkan waktu berhari-hari untuk mendapatkan data elevasi dan koordinat.
Ruas jalan Airmadidi-Tondano merupakan jalan kabupaten yang menghubungkan kabupaten Minahasa dan kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Tipe jalan ini termasuk kategori jalan arteri dan terdapat di wilayah pegunungan. Perekonomian warga setempat dipengaruhi oleh kondisi jalan Airmadidi-Tondano karena jalan ini merupakan salah satu akses dari pedesaan menuju ke perkotaan seperti seperti yang terjadi di desa tanggari.
Kemajuan teknologi membantu semua pekerjaan dalam segala bidang menjadi lebih mudah. Penggunaan teknologi dalam perencanaan geometrik yaitu salah satunya dalam pekerjaan pengukuran jalan dengan menggunakan Garmin GPSmap 60CSX. GPS merupakan alat yang mampu memberikan informasi data elevasi dan koordinat dalam waktu yang singkat dengan cara melakukan tracking (perjalanan) pada ruas jalan yang ada. Pada penulisan ini saya akan menjelaskan mengenai pengukuran geometrik pada ruas jalan Airmadidi-Tondano menggunakan metode alat bantu GPS.

1.2         RUMUSAN MASALAH
              Rumusan masalah dari perencanaan geometrik jalan pada ruas jalan Airmadidi-Tondano menggunakan alat bantu GPS ini adalah sebagai berikut:
1.             Apa yang dimaksud dalam perencanaan geometrik ?
2.             Bagaimana mekanisme pengambilan data elevasi dan koordinat ?
3.             Bagaimana sistem pengelolaan data elevasi dan koordinat ?

1.3         TUJUAN
Tujuan dari perencanaan geometrik jalan pada ruas jalan Airmadidi-Tondano menggunakan alat bantu GPS ini adalah sebagai berikut:
1.       Memberikan informasi kepada pemerintah kota dan dinas terkait sebagai bahan pertimbangan peningkatan ruas jalan Airmadidi-Tondano.
2.       Menjadi bahan tambahan dalam pembelajaran khususnya bidang transportasi pada penggunaan alat GPS.
3.       Untuk mendapatkan data elevasi dan koordinat jalan dalam waktu yang singkat menggunakan GPS.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan Kayu sebagai Bahan Konstruksi

MENGHILANGKAN GARIS TITIK TITIK PADA MICROSOFT OFFICE WORD 2013

GAMBAR SIMBOL SIMBOL BAHAN BANGUNAN