Riset Operasi

Riset Operasi

Pengertian >> Riset operasi adalah sebuah metode yang dipakai untuk memformulasikan atau membuat rumus dari suatu masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Masalah tersebut bisa mengenai bidang bisnis, sosial, ekonomi, teknologi dan beberapa bidang lainnya yang menjadi suatu model matematis untuk mendapatkan solusi secara optimal

Tujuan >> Tujuan dari Riset Operasi adalah menerapkan pendekatan ilmiah guna memecahkan permasalah atau persoalan memikirkan serta memcahkan/menganalisis permasalahan, mengambil langkah-langkah dan strategi yang tepat serta target yang sesuai secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan, yakni hasil yang memuaskan. Hasil yang memuaskan tersebut adalah hasil yang optimal yang berarti dampak positipnya maksimum dan dampak negatipnya minimum.

Manfaat atau kegunaan >>
·         Merupakan alat untuk pengambilan keputusan dari berbagai sumber daya yang tersedia.
·         Riset oprasi berusaha menetapkan arah tindakan terbaik (optimum) dari sebuah masalah keputusan dibawah pembatasan sumber daya terbatas.
·         Memberikan pengembangan dari beberapa sektor, seperti teknik dan ilmu perhitungan, ilmu politik, matematik, ekonomi, teori probabilitas dan statistik
·         Memberikan kemudahan dalam pengambilan keputusan kegiatan kerja dalam bidang industri, bisnis, dan manajemen.

Sejarah >> Awal mula dari hadirnya riset operasi lengkap ke dunia adalah sejak perang dunia kedua. Beberapa komandan memerintahkan para ilmuwan untuk menghadapi masalah dan mencari solusinya untuk segera keluar dari masalah yang ada dengan tempo yang cepat dan tidak berlama-lama. Mereka menghabiskan dana untuk menyuruh para ilmuwan untuk membuat sebuah sistem yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah yang ada.
Dan akhirnya G.A Robert dan E.C Willia ditahun 1939 bisa membuat sebuah sistem komunikasi untuk para Angkatan Udara di Inggris. Kemudian riset operasi digunakan oleh ahli McClosky dan Trefthen yang berasal dari Inggris. Mereka menemukan sebuah alat yang berguna untuk mendeteksi kegiatan musuh, dan dari sinilah awal radar mulai tercipta.
Setelah perang selesai, perkembangan riset operasi mulai digalakkan dibidang militer. Para ilmuwan berlomba untuk membuat sebuah alat yang mampu menyelesaikan masalah dalam waktu dekat. Dan cara ini dikenal dengan cara riset operasi lengkap.
Berikut ini kami bagikan informasi mengenai riset operasi yang memiliki berbagai bidang.
1. Linier Programming
Pada jenis pertama, riset operasi yang diberi nama liner programming memiliki fungsi dan tujuan. Dan fungsi atau tujuan dari jenis riset operasi ini adalah mampu menggambarkan apa yang diinginkan oleh sbuah lembaga untuk memaksimalkan sumber daya yang ada dan menggunakanya secara optimal. Dan dalam jenis ini untuk menggambarkan sebuah riset dilambangkan dnegan notasi Z.
2. Penerapan Teori Antrian
Pada teori ini menggunakan teori yang masih memiliki hubungan secara matematis dengan bari-baris penungguan.
3. Teori Persediaan
Pada teori ketiga dalam riset opeasi ini menggunakan teori yang memiliki pengaruh pengambilan serta penghabisan dalam waktu jangka panjang. Persediaan berguna untuk mendukung kelancaran dalam proses produksi dan operasi.
4. Teori Permainan
Teori permainan merupakan teori yang berkaitan dengan ilmu matematika dan fokus pada hal yang mempelajari interkasi antar agen dimana pada setiap agen memiliki strategi yang berbeda.
5. Program Simulasi(Simulation)
Dan yang terakhir adalah simulasi dimana ada proses meniru dengan keadaan disekitarnya.
Penerapan >> Sejalan dengan pekembangan dunia industri dan didukung dengan kemajuan dibidang komputer, Riset Operasi semakin diterapkan di berbagai bidang untuk menangani masalah yang cukup kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh penggunaan Riset Operasi dibeberapa bidang:

Akuntansi dan Keuangan:
·         Penentuan jumlah kelayakan kredit
·         Alokasi modal investasi dari berbagai alternatif
·         Peningkatan efektivitas akuntansi biaya
·         Penugasan tim audit secara efektif
Pemasaran:
·         Penentuan kombinasi produk terbaik berdasarkan permintaan pasar
·         Alokasi iklan diberbagai media
·         Penugasan tenaga penjual kewilayah pemasaran secra efektif
·         Penempatan lokasi gudang untuk meminimumkan biaya distribusi
·         Evaluasi kekuatan pasar dari strategi pemasaran pesaing
Operasi Produksi :
·         Penentuan bahan baku yang paling ekonomis untuk kebutuhan pelanggan
·         Meminimumkan persediaan atau inventori
·         Penyeimbangan jalur perakitan dengan berbagai jenis operasi
·         Peningkatan kualitas operasi manufaktur


Sumber:






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan Kayu sebagai Bahan Konstruksi

MENGHILANGKAN GARIS TITIK TITIK PADA MICROSOFT OFFICE WORD 2013

GAMBAR SIMBOL SIMBOL BAHAN BANGUNAN